Jumat, 19 Maret 2010

Beras Kencur Putri Solo

beras kencur Putri Solo
Kalau ada survey tentang minuman jamu yang paling banyak dan paling sering dikonsumsi orang, mungkin beras kencur akan menempati peringkat satu. Rasanya yang manis dan menyegarkan membuatnya banyak disukai orang. Seharusnya ada istilah baru, “tak selamanya jamu itu pahit”.
Salah satu produsen beras kencur di Kota Solo adalah industri rumahan beras kencur Putri Solo yang beralamat di Jl. Tamtaman II/99, dekat dengan komplek Keraton Solo. Usaha ini dimulai sejak tahun 1984 oleh bapak Sadri Hadi Suparto. Produk utamanya adalah beras kencur, selain itu juga memproduksi gula asem dan kunir asem.
Dulu pembuatan minuman ini dilakukan dengan cara manual, semua bahan ditumbuk dengan alu, tapi sekarang sudah memakai mesin. Dengan memakai mesin, bahan-bahan yang diolah memang lebih halus dan hasilnya lebih optimal.
Beras kencur dibuat dari beras dan empon-empon, yakni kencur, jahe, kunir, dan asem. Ditambah dengan beragam rempah, seperti merica, cengkeh, kapulaga, manis jangan, kayu manis, cabe jamu, dan misoyi. Semua bahan itu dibeli dalam keadaan segar di Pasar Legi Solo, karena memang industri beras kencur Putri Solo ini tidak membeli bahan-bahan dalam jumlah banyak, semua bahan dibeli secukupnya dan digunakan hanya untuk satu kali produksi. Home industry ini rata-rata memproduksi 1000 botol beras kencur setiap bulannya. Harga per botolnya Rp 8.000.
Beras kencur dengan tutup botol yang belum dibuka bisa tahan hingga satu bulan, kalau sudah dibuka hanya tahan 2 hari saja, atau 4 hari jika dimasukkan lemari es. Karena memang beras kencur ini tidak memakai pengawet tambahan sama sekali.
Beras kencur Putri Solo tidak dipasarkan di toko-toko, konsumen hanya bisa membeli langsung di tempat produksinya. Untuk pembeli dari luar kota bisa memesan lewat telepon, barang dikirim melalui jasa paket. Konsumen terbesarnya malah berasal dari luar kota. Anehnya, menurut penuturan pak Sadri, banyak konsumen lokal Solo yang mengetahui beras kencur Putri Solo justru ketika berada di luar kota, seperti Jakarta. Promosinya memang hanya dari mulut ke mulut.
Beras kencur mempunyai khasiat untuk menghilangkan 4L (lelah, lemah, letih, lesu), menghangatkan sekaligus menyegarkan badan, dan mencegah perut kembung atau masuk angin. Rasanya nikmat betul meminum beras kencur ini dengan tambahan es batu, dahaga minggat, badan juga sehat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar